selamat datang di blog saya.. ^_____^

fb : annasichwandana@yahoo.co.id

Jumat, 01 April 2011

Role Playing


Dalam tulisan saya kali ini saya akan membahas sedikit tentang Role playing atau juga bisa disebut dalam bahasa indonesia kita adalah bermain peran yang merupakan turunan dari sosiodrama.Role Playing adalah suatu metode yang mengeksplorasi tentang masalah-masalah yang terlibat dalam situasi sosial yang kompleks. Sehingga kita benar-benar dibawa dalam sesuatu suasana yang benar-benar mirip atau nyata demi penyelesaian ataupun pembelajaran.

Di STIE MALANGKUCECWARA dalam mata kuliah TRAINING AND DEVELOPMENT yang diajarkan oleh dosen ibu.RINA IRAWATI pelatihan ini dapat berguna sebagai pelatihan profesional atau di runag kelas untuk memahami ilmu dan tentang kejadian yang sesuai dengan kejadiannya. Menurut saya,ada beberapa pembelajaran oleh dosen kepada mahasiswa/mahasiswinya guna untuk penghayatan tentang suatu peristiwa yang didalamnya menyangkut banyak orang agar semua mahasiswa dan mahasiswi terasa lebih jelas dengan kasus yang sedang di bahas dalam kelas. Sehingga mahasiswa diharapkan mampu dalam menyelesaikan suatu masalah yang kompleks dan memberi pemahaman terhadap orang lain beserta masalah yang sedang dihadapi.

Menurut saya metode ini sangatlah membantu para mahasiswa dalam menjalani perkuliahan. Sesuai yang sudah saya alami 30 maret 2011 yang lalu dengan pembahasan masalah ORIENTASI yang menerapkan sistem pembelajaran Role Playing ini membuat saya mengerti tentang permasalahan yang kompleks dan menyangkut orang banyak. Karena disini setelah menerima materi sangat diharapkan bagi para mahasiswa mampu mengutarakan pendapatnya di hadapan para teman-teman yang lain dan pada akhirnya memperoleh suatu hasil penyelesaian guna apabila memiliki suatu permasalahan.
Hal inilah yang sangat saya suka, karena dari inilah mahasiswa mampu melatih keseriusan dan berbicara yang diharapkan mahasiswa dapat berkomunikasi di ruang lingkup yang lebih luas untuk mengemukakan pendapatnya. Dan ini akan menjadi suatu keahlian bagi kita karena kita mampu menyelesaikan suatu permasalahan dan mampu berbicara di depan orang banyak yang sampai saat ini dianggap banyak mahasiswa berbicara di depan banyak orang adalah hal yang sulit. Dan hal tersebut ternyata tidak.

Sekian dan terima kasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar